Sejarah

Dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Program Studi Statistika di Indonesia, maka pada bulan November 2009 di ITS Surabaya, beberapa perwakilan Departemen/Jurusan/Program Studi Statistika dari IPB, ITS, UNHAS, UNPAD, UNHALU, dan UNDIP mengadakan pertemuan untuk mencari solusi bersama tentang hal tersebut. Para perwakilan dari beberapa universitas tersebut menyepakati perlunya membentuk forum komunikasi antar penyelenggara pendidikan tinggi statistika di Indonesia. Setelah bertemu kembali pada 17 Desember 2009 di UII Yogyakarta, disepakati akan mengadakan musyawarah nasional pertama untuk pembentukan forum tersebut di Bogor pada tanggal 13 Februari 2010.

Akhirnya, musyawarah nasional pertama tanggal 13 Februari 2010 diadakan di Bogor yang dihadiri oleh perwakilan Departemen/Jurusan/Program Studi Statistika dari IPB, ITS, UGM, UNDIP, UNPAD, UNHAS, UNHALU, UII, UNISBA dan UT. Pada musyawarah nasional pertama tersebut disepakati terbentuknya forum komunikasi antar penyelenggara pendidikan tinggi Statistika di Indonesia yang selanjutnya dikenal dengan FORSTAT.

Selama periode 2010-2018, FORSTAT dipimpin oleh seorang ketua dalam setiap dua tahun periode kepengurusan. Ketua FORSTAT selama periode 2010-2018 adalah:

Sampai dengan bulan Maret 2018, jumlah anggota FORSTAT adalah 56 Program Studi yang terdiri dari Jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3.