Seminar Nasional 2018 di UNHAS

Seminar Nasional Statistika dan Aplikasinya 2018 (SEMSTAT2018) akan diselenggarakan oleh Prodi Statistika FMIPA UNHAS bekerjasama dengan Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT) dan IndoMS wilayah Sulawesi pada tanggal 1-3 Maret 2018. Tema yang diangkat pada Seminar ini adalah:

“Peranan Data Besar dan Statistika dalam Pembangunan Berkelanjutan”

Pemilihan tema ini untuk menyikapi salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang begitu pesat yang menuntut untuk bisa melakukan pengambilan keputusan dengan cepat dengan hasil yang tepat. Peranan Data Besar (Big Data) dianggap sebagai solusi untuk menjawab tuntutan dari perkembangan teknologi tersebut. Dengan akurasi data yang tinggi namun dalam durasi waktu yang cepat, maka pengambilan keputusan yang paling tepat bisa diambil sehingga bisa mendatangkan hasil yang optimal.

Seminar Nasional Statistika dan Aplikasinya (SEMSTAT2018) merupakan pertemuan ilmiah yang rencananya akan dilaksanan tahunan dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dalam bentuk diseminasi sehingga terbangun jaringan dan sinergi antara peneliti di bidang Statistika itu sendiri, dan peneliti bidang lain yang terkait erat dengan Statistika seperti Matematika, Ilmu Komputer, dan Pendidikan Matematika, serta berbagai bidang lainnya yang banyak menggunakan Statistika dalam membantu menyederhanakan dan menyelesaikan permasalahan pada bidang tersebut.

Rangkaian acara SEMSTAT2018 ini dibagi dalam 3 kegiatan besar, yaitu : Workshop Statistical Machine Learning Using R and Python, Munas FORSTAT 2018, dan Seminar Nasional Statistika dan Aplikasinya.

PEMBICARA
Prof. Dr. Khairil Anwar Notodiputro  (Institut Pertanian Bogor, IPB)
Dr. Ali Said  (Badan Pusat Statistik, BPS)
Dr. Setia Pramana  (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Indonesia, STIS)

Poster yang berisi informasi lengkap dapat diakses disini