Jakarta – Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan tahun ini, sensus penduduk 2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7 bagi Indonesia. Hal yang berbeda pada sensus penduduk kali ini selain melakukan sensus penduduk secara langsung (wawancara) juga melakukan pendataan administrasi secara online yang berfungsi untuk membuat beragam kebiajakan.

Dalam pidato presiden, Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk baik secara sensus penduduk online yang akan di laksanakan mulai sejak 15 Februari – 31 Maret 2020 maupun sensus penduduk wawancara pada 1 – 31 Juli 2020.

Harapan dari sensus penduduk 2020 ini menghasilkan Satu Data Kependudukan agar terwujudnya Perpres No.39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Selain itu pula Jokowi mengatakan bahwa “Data sekarang saat ini jenis kekayaan baru, saat ini data new oil bahkan lebih berharga dari minyak. Data yang valid merupakan kunci kesuksesan pembangunan negara. Karena data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar. Untuk keputusan yang tepat.”

Sambungnya..

“Karena data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar. Data yang akurat penting untuk buat keputusan tepat. Data kurat penting untuk eksekusi program yang tepat sasaran. Jangan sampai memutuskan, membuat perencanaan mengekusi program nggak pegang data,” ujarnya.

Sensus Penduduk 2020 ini mempunyai 2 tugas utama yakni menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Kemudian menyediakan parameter demografi yang nanti tujuannya untuk pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals (SDGs)).

Ayo mari sukseskan sukses penduduk 2020, dimulai dari mengisi kelengkapan datamu sekarang juga di https://sensus.bps.go.id/ !

Source : http://web-streaming.istanapresiden.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here